Tugas kajian seni rupa dan desain

Nama anggota: Rachmadan Bayu Trisakti _ 202146500840 - Rendy Aryanto _ 202146500865



ABSTRAK


Penelitian ini mengkaji makna film tentang pesan moral dalam film “Kukira Kau Rumah”.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan metode kualitatif dengan analisis semiotika milik Ferdinand De Saussure. Hasil temuan melalui dokumentasi dan observasi film ini yang dibagi dalam scene-scene atau adegan-adegan ditemukan beberapa pesan moral tentang kehidupan. Salah satunya, janganlah kita terlalu mengatur hidup orang lain. Karena setiap orang memiliki mimpi dan tujuannya sendiri, dan dibutuhkan kerja keras dan ketekunan untuk menggapai yang diinginkannya. Pesan moral jangan terlalu mengatur hidup orang lain, berikanlah kebebasan kepada orang lain untuk memilih jalan hidupnya. Pesan moral tersebut sangat memiliki dampak yang besar dalam film ini, karena hal tersebut bisa berdampak pada mental seseorang tanpa disadari.


TUJUAN


Dalam sebuah film terdapat pesan serta nilai-nilai yang ingin disampaikan oleh sang pembuat film. Pesan dalam film biasanya menggunakan mekanisme lambang-lambang yang terdapat pada pikiran manusia berupa isi pesan, suara, percakapan, perkataan dan sebagainya. Beberapa orang dapat “memahami” pesan dari sebuah film dengan mudah, namun masih banyak juga yang kesusahan untuk “memahami” suatu pesan dari sebuah film. Jika kita ingin memahami, menginterpertasikan suatu film, serta membuka pikiran kita, film dapat memberikan sebuah informasi serta mengedukasi bahkan juga dapat menginspirasi. Karena pesan-pesan yang terkandung dalam sebuah film merpresentasikan sebuah realitas kehidupan.


METODOLOGI 

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan Analisis semiotika. Analisis semiotika yang digunakan adalah Analisis semiotika Ferdinand de Saussure yang didalamnya membahas mengenai Makna Penanda dan Petanda, Makna Bentuk dan Isi, makna Bahasa dan Ujaran. Peneliti meneliti tentang pemaknaan pesan moral film ku kira kau rumah sehingga menjadikan Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure sebagai acuan dalam melakukan penelitian ini. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah komponen-komponen lesan yang ada di dalam film “Kukira Kau Rumah”. Sedangkan objek penelitian yang

digunakan dalam penelitian ini ialah pesan-pesan yang ada dalam film “Kukira Kau Rumah”. Peneliti meneliti dan menetapkan 20 scene yang akan diteliti. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan pengamatan dan catat. Peneliti menggunakan uji kredibilitas salah satu caranya dengan proses triangulasi. Triangulasi dalam pengujian kredibilitas ini diartikan sebagai pengecekan data dari berbagai sumber dengan berbagai cara dan berbagai waktu.


KESIMPULAN

Berdasarkan hasil analisis data melalui film “Kukira Kau Rumah”, terdapat pesan yang mengandung makna penting dalam film tersebut. Setelah dilakukan analisis pada beberapa scene dengan mengunakan metode analisis semiotika Ferdinand De Saussure untuk mencari penanda dan petanda sehingga ditemukan makna pesan dalam film. Film ini memiliki beberapa pesan moral, yaitu mengajarkan tentang kejujuran, kesetiaan dan pemaaf, kesopanan dan menghargai orang lain, pekerja keras dan pantang menyerah, serta berikan ke ebasan kepada orang lain dan jangan terlalu mengekang orang lain. Pesan moral yang paling penting dalam film ini ialah jangan terlalu mengekang orang lain, berikanlah kebebasan Untuk orang lain terhadap pilihannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS SEMIOTIKA MITOS,METAFORA, DAN METOMINI PADA IKLAN GOJEK "CERDIKIAWAN"

Tugas 1 semiotika pada objek yang ada disekitar kita